Cara Tidur Ini Bisa Menurunkan Berat Badanmu!

0
118

Newswire.id – Tidur Ini Bisa Menurunkan Berat Badanmu – Tidur di malam hari dapat membantu Anda yang sedang giat menurunkan berat badan. Tidak percaya? Simak artikel berikut ini. Untuk memulai program penurunan berat badan, maka awali dengan memperhatikan pola tidur Anda. Karena, tidur dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa cara tidur dapat membantu menurunkan berat badan seperti dikutip Magforwomen, Senin (11/1/2016).

Tidur malam yang baik membuat Anda santai dan metabolisme normal
Ketika rileks, maka metabolisme akan normal, sehingga mencerna makanan lebih mudah dan tidak merasa lapar. Sementara, kurang tidur membuat Anda makan setiap kali merasa lapar dan ngemil tidak sehat pada jam-jam tertentu hanya menambah berat badan. Jadi, jangan tidur larut malam dan bangun lebih pagi adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh sehat dan makan dengan benar.

4 Cara Tidur Menurunkan Berat Badan

Kortisol melonjak akibat kurang tidur
Terjadi sebuah lonjakan kortisol dalam tubuh ketika kurang tidur. Lonjakan ini membuat Anda ingin menghemat energi di jam bangun dan menjadi malas, sehingga cenderung lemak bertambah akibat tidak adanya pembakaran energi. Sebaliknya, tidur yang cukup membantu Anda memberikan energi yang cukup untuk melewati keesokan harinya. Semakin banyak energi untuk membakar lemak, maka kian cepat berat badan turun.

Ghrelin dan leptin
Tubuh manusia menghasilkan hormon ghrelin dan leptin yang membuat Anda ingin lebih banyak makan ketika kurang tidur. Gherlin adalah hormon yang membuat Anda ingin lebih banyak makan. Sedangkan, leptin adalah hormon yang memberi sinyal ke otak untuk memberhentikan garpu mengambil makanan ketika sudah cukup.

Tapi, kurangnya tidur menurunkan produksi leptin, sehingga otak tidak tahu kapan harus berhenti makan. Jadi, tidur cukup dapat mengimbangi dua hormon tersebut untuk menurunkan berat badan.

Kurang tidur menurunkan produksi insulin
Ketika pankreas tidak mengeluarkan cukup insulin, maka tubuh kesulitan memecah lemak, sehingga tertimbun. Dengan kata lain, tidur yang cukup dapat mencegah lemak muncul di beberapa bagian tertentu. Jadi, untuk memulai misi penurunan berat badan, awali dengan tidur yang baik atau cukup.

 

Kesehatan , Menurunkan Berat , Cara Menurunkan Berat , Tidur yang Cukup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here