Kunjungan Wakil Presiden Iran ke Indonesia: Indonesia Dukung Keberlangsungan JCPOA

NEWSWIRE.ID | Rabu, 11 Juli 2018


Jakarta: ​Wakil Presiden RI Jusuf Kalla telah menerima kunjungan Wakil Presiden Iran bidang Perempuan dan Keluarga, Y.M. Masoumeh Ebtekar, di Jakarta (11/7). Dalam kunjungannya kali ini, Y.M. Ebtekar membawa amanat sebagai special envoy untuk menyampaikan pesan khusus Presiden Iran dan undangan kepada Presiden RI untuk menghadiri KTT ke-3 Asian Cooperation Dialogue (ACD), Oktober 2018 di Tehran, Iran.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga membahas perkembangan implementasi Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Wakil Presiden RI menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen untuk menghormati JCPOA sebagai bukti keberhasilan diplomasi multilateral dan elemen penting mekanisme non-proliferasi global. Indonesia berharap agar negara pihak JCPOA lainnya dapat tetap melanjutkan implementasi JCPOA.

Indonesia juga menyambut baik pertemuan tingkat Menteri Joint Commission of the JCPOA di Wina, 6 Juli 2018, sebagai platform untuk melanjutkan JCPOA.

Selain bertemu Wakil Presiden RI, Y.M. Ebtekar juga telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI. Selain membahas perkembangan terhadap implementasi JCPOA, pertemuan ini juga membahas upaya penguatan kerja sama bilateral RI-Iran di berbagai bidang.​