STMM MMTC Luluskan 273 Sarjana Siap Kerja di Industri Kreatif dan Komunikasi

NEWSWIRE.ID | Kamis, 7 Desember 2017


 Yogyakarta, Kominfo – Sebanyak 273 wisudawan lulusan Program Strata 1 dan Program Diploma IV Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Jogja dilantik dalam wisuda yang dilaksanakan di Auditorium Kampus STMM MMTC Jalan Magelang KM.6, Yogyakarta, Rabu (6/12/2017).

Prof Dr. Gati Gayatri, MA.,  Ketua STMM MMTC Yogyakarta dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah 273 wisudawan/ti yang dilantik dalam wisuda kali ini merupakan keputusan Bersama pihak kampus yang telah ditetapkan dalam rapat yudisium yang terakhir digelar pada 24 Oktober 2017. Mereka berasal dari Jurusan Penyiaran, Animasi, Desain Teknologi Permainan dan Jurusan Komunikasi Informasi Publik.

Perguruan tinggi  dibawah Kementerian Komunikasi & Informatika RI ini, meluluskan 273 Mahasiswa yang tergabung pada 6 Program Studi dalam 3 Jurusan yang terdiri dari Jurusan Penyiaran (Diploma IV) 88 Mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Siaran, 66 Mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, dan 56 Mahasiswa Program Studi  Manajemen Teknik Studio Produksi. Sementara itu, Jurusan Animasi berjumlah 29 Wisudawan/ti, kemudian Desain Teknologi Permainan yang juga merupakan program Diploma IV terdiri dari 29 orang. Sedangkan untuk Jurusan Komunikasi Informasi Publik (KIP) yang merupakan Program Strata Satu melalui Prodi Manajemen Informasi dan Komunikasi (MIK) meluluskan 21 Mahasiswa. Dalam wisuda yang dihelat tahun ini, terdapat 7 wisudawan yang berhasil meraih predikat cumlaude dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi 3,86. “Predikat cumlaude di STMM diberikan kepada mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan dengan IPK di atas 3,75, masa studi maksimal delapan semester serta tidak ada nilai C dan D dari keseluruhan mata kuliah,” ungkap Gati.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Gati memberi penghargaan dan terimakasih kepada para mahasiswa yang berhasil berprestasi dan meraih penghargaan dalam berbagai even kejuaraan yang membawa nama baik lembaga. Para lulusan tersebut juga diharapkan dapat mengaplikasikan kemampuan dan keilmuwan yang didapat dari bangku kuliah didunia kerja yang baru. "Beragam penghargaan mulai dari film, foto hingga presenter diraih mahasiswa kita tahun ini, bahkan para mahasiswa sudah bisa bekerja sebelum lulus," katanya dihadapan para wisudawan dan tamu undangan.

Ketua STTM juga berharap para Wisudawan/ti dapat bekerja di perusahaan dan lembaga yang sesuai dengan minat serta ilmu yang dimiliki diantaranya  di industri kreatif, media penyiaran dan adapula yang telah melalui proses untuk melanjutkan di jenjang yang Strata 2.  Ditambahkn pula olehnya, bahwa industri kreatif banyak mengincar Lulusan STMM MMTC, hal ini menjadikan lulusan STMM MMTC  mempunyai posisi tawar yang cukup bagus. “STMM MMTC Yogyakarta tetap berupaya meningkatkan kualitas lulusannya dengan memberikan bekal pelatihan TOEFL untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa juga sertifikasi profesi di bidang TIK dan Penyiaran yang diselenggarakan bersama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),’’ paparnya.

Ketua STMM MMTC memotivasi seluruh wisudawan agar memanfaatkan ilmunya saat terjun di masyarakat. Terutama, agar mampu menjadi entrepreneur di bidang digital kreatif yang kini terus berkembang. Pihaknya telah banyak memberikan bekal terkait digital kreatif. Kurikulum pendidikan disesuaikan dengan ketentuan berlaku, dengan muatan teori 60% dan praktik 40% untuk jenjang S1 dan program Diploma IV muatan teori 40% dan praktik 60% dengan beban masing-masing antara 144 hingga 148 sistem kredit semester (SKS). Oleh karena itu, banyak mahasiswa sebelum wisuda telah diterima kerja. “Di antara para lulusan yang diwisuda, terdapat 65 mahasiswa yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan di lapangan industri media, penyiaran, animasi dan industri kreatif lainnya”, bebernya di sela-sela sambutan pembuka.

Gati menambahkan, sejumlah mahasiswa STMM MMTC juga berhasil memperoleh sejumlah prestasi. Antara lain, kelompok mahasiswa berhasil meraih predikat sebagai The Best Ideas dan The Audience’s Favorite pada Salatiga Film Festival 2017. Sebuah film karya mahasiswa MMTC berjudul Roro Jonggrang: XII Abad Kemudian berhasil meraih predikat film terbaik dalam bulan komunikasi UNY 2017 dan termasuk 10 film terbaik pada Short Film Competition Algorhytm 2017 serta berbagai prestasi lainnya yang tak kalah bergengsi.

Pihaknya juga membantu pembiayaan studi mahasiswa selama beberapa tahun terakhir. Selain dari STMM MMTC sendiri, ada bantuan beasiswa dari Pemda DIY, Disdikpora DIY serta beasiswa dari industri penyiaran.

Sebagai rangkaian acara wisuda tersebut, dilaksanakan juga Rapat Dewan Penyantun bersama Jajaran Pejabat Sekolah Tinggi Multi Media yang akan membahas diantaranya tentang rencana pembentukan prodi baru di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. (Biro Humas-YS)