Upaya Kemlu Tingkatkan Kerja Sama RI di Kawasan Amerika Latin dan Karibia

NEWSWIRE.ID | Rabu, 11 Juli 2018

Jakarta: Kementerian Luar Negeri c.q. Direktorat Amerika II telah melaksanakan rapat koordinasi dengan kalangan usaha dan Kementerian dan Lembaga terkait dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar) (5/7).

Direktur Amerika II, Julang Pujianto, pada kesempatan tersebut menyampaikan gambaran umum dan potensi negara-negara di kawasan Amlatkar serta upaya-upaya yang telah dilakukan Kemlu untuk menggarap potensi dimaksud. Lebih lanjut, Direktur Amerika II mengharapkan masukan dari perwakilan pengusaha dan perwakilan K/L yang hadir dalam upaya meningkatkan hubungan dan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan.

Sementara itu, pihak kalangan usaha menyampaikan bahwa pasar di kawasan Amlatkar sangat potensial, namun terdapat sejumlah kendala yang dihadapi antara lain biaya transportasi yang cukup mahal dan tarif bea masuk yang cukup tinggi. Kedua unsur tersebut mengakibatkan harga produk menjadi mahal bagi masyarakat setempat. Sementara, sebagian peserta menyampaikan belum terdapat kerja sama yang konkrit di bidang transportasi udara dan terdapat sejumlah non-tariff measures yang diberlakukan mengakibatkan produk Indonesia sulit mengakses pasar negara-negara Amlatkar.

Mengatasi Kendala-kendala tersebut kiranya dapat dilakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia dengan negara-negara di kawasan Amlatkar yang dapat dilakukan antara lain mendorong pembentukan kerja sama perdagangan dan menyelenggarakan business forum untuk memfasilitasi kontak usaha antara kalangan usaha dari Indonesia dengan mitranya dari kawasan Amlatkar di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi.(Sumber: Dit. Amerika II/Kemlu)​