5 Tips Untuk Jantung Sehat Dan Hidup Bahagia

0
248

Anda mungkin berpikir bahwa untuk meningkatkan kebugaran dan meningkatkan kesehatan jantung yang berarti menghabiskan waktu berjam-jam di gym, tempat olahraga, berkeringat, dan menggunakan alat olahraga yang bisa dibilang lebih mirip alat penyiksaan! Lucu!

Ya, saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa itu tidak benar. Bahkan, akan berdampak buruk bagi jantung, Untuk sehat tidak harus meluangkan waktu yang besar – juga tidak harus menyiksa. Adahal yang sebenarnya bisa sangat menyenangkan!

Berikut adalah lima kiat kebugaran untuk membuat hidup Anda sehat dan bahagia:

1. Mulailah dengan yang Anda sukai

Jika Anda memiliki masalah dengan olahraga sebagai bagian dari kehidupan Anda, maka saya membayangkan Anda hanya memikirkan olahraga sebagai sesuatu yang harus Anda lakukan setiap hari. Tapi itu tidak benar!
Hal-hal sederhana seperti berjalan, menyapu di ruang tamu Anda, sholat berjamaah dengan berjalan kaki, dan bahkan hal yang sepele seperti membereskan rumah dapat dianggap sebagai olahraga selama Anda bergerak ketika Anda melakukannya.

Jadi, catatlah daftar semua hal aktif yang Anda lakukan dan temukan cara untuk membuat setidaknya salah satu dari mereka menjadi bagian dari hari Anda, setiap hari. Kemudian, setelah beberapa bulan membuat kebiasaan-kebiasaan kegiatan tersebut, cobalah latihan baru atau latihan yang lebih tradisional seperti latihan kelompok. Ketika Anda terbiasa menjadi aktif dan mulai lebih bugar, Anda mungkin akan kaget dengan kegiatan apa yang Anda sukai.

2. Luangkan 10 Menit

Apakah anda mengira bisa mendapatkan manfaat jantung dari hanya 10 menit aktivitas? Pikirkan lagi. Sepuluh menit berjalan tiga kali sehari telah terbukti menurunkan tekanan darah secara lebih efektif dibandingkan dengan berjalan kaki 30 menit. Sesuatu yang sederhana seperti berjalan sebelum bekerja, berjalan menuju makan siang dan setelah makan malam adalah cara yang sederhana bisa anda lakukan untuk latihan – dan tidak perlu olahraga!

3. Jantung Sehat

Ketika orang berpikir tentang latihan jantung yang sehat, pada umumnya yang terlintas yaitu tentang kegiatan aerobik atau seperti joging. Tetapi apakah Anda tahu bahwa latihan kekuatan (mengangkat beban atau melakukan latihan berat badan seperti push-up dan lunges) dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda? Saat Anda mengangkat beban pada intensitas sedang, Anda akan meningkatkan detak jantung Anda. Ini berarti Anda bekerja dengan sistem otot dan sistem kardiovaskular Anda. Dan ketika Anda membuat otot Anda lebih kuat, maka otot tubuh Anda yang akan lebih kuat.

 

4. Latihan menghilangkan stres

Stres mempunyai peran penting untuk kesehatan jantung, dan olahraga yang teratur sangat bagus untuk menghilangkan stres anda. Latihan bukan sebagai sesuatu yang harus Anda lakukan, tetapi jadikan sebagai sesuatu yang ingin Anda lakukan karena hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik. Sementara sebagian besar latihan akan memompa endorphin Anda, latihan seperti yoga, Pilates dan Tai Chi sangat baik untuk menghilangkan stres dan meningkatkan koneksi pikiran-tubuh. Cobalah! Atau jika anda seorang muslim maka taatlah beribadah dan dengan sekuat tenaga menjauhi segala yang dilarang, dan rajinlah mengaji. Ini adalah obat yang sangat mujarab.

 

5. Diet sehat

Berolahraga – Ibada – kegiatan yang sama mengagumkannya – hanyalah bagian dari menjaga kesehatan jantung. Makan makanan bergizi yang kaya buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak sehat adalah kunci untuk kesehatan secara keseluruhan, bersama dengan membantu memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk berkuasa melalui latihan dan kehidupan sehari-hari Anda.

 

/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here